MANU PUTRA BUNTET PESANTREN

Komplek Buntet Pesantren Desa Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45181
P: - (0231) 636597 E: manuputra_buntet@yahoo.co.id

ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DIADAKAN SEPTEMBER 2021, MANU PUTRA LAKUKAN SIMULASI

Diposting : Ahmad Subhan Ainurrofiq, S.Pd.   Tanggal : 02 September 2021 14:06:01   Dibaca : 193 Kali


BUNTET PESANTREN - Sesuai kebijakan pemerintah, bahwa Ujian Nasional telah dihapus dan diganti dengan Asesmen Nasional yang meliputi berbagai aspek. Pengimplementasian Asesmen Nasional mulai diterapkan tahun ini, dengan tajuk Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat ANBK. Berbeda dengan UN, AN menyasar pada siswa kelas XI untuk SMA/MA dan kelas VIII untuk SMP/MTs.

Sebelum ANBK dilaksanakan, ada simulasi yang dijadwalkan pemerintah demi menyiapkan siswa agar mengerti langkah-langkah yang harus dilakukan dalam serangkaian tes yang berbasis komputer tersebut.

Pemerintah memberi dua opsi untuk jadwal simulasi ANBK di semua jenjang pendidikan, yakni 30-31 Agustus 2021 dan 1-2 September 2021. Adapun MANU Putra Buntet Pesantren memilih opsi yang kedua.

Simulasi terdiri dari tiga sesi di setiap harinya. Masing-masing sesi diikuti oleh 10 sampai 15 siswa. Sebagai informasi, tidak semua siswa bisa mengikuti ANBK. Peserta ANBK ditentukan langsung oleh pemerintah pusat secara acak. Siswa terpilih berjumlah 50 orang, dengan rincian 45 siswa sebagai peserta utama dan 5 siswa sebagai peserta cadangan.

Berdasarakan keterangan dari Ammar Firman Maulana sebagai pihak yang mengkordinatori pelaksanaan ANBK di MANU Putra, ada tiga elemen yang dinilai dalam ANBK, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Literasi Membaca, dan Survei Karakter.

Masing-masing elemen mempunyai alokasi waktu yang berbeda-beda, untuk AKM diberi waktu 10 menit, Literasi Membaca 90 menit, dan Survei Karakter 30 menit.

Firman mengungkapkan bahwa tujuan akhir dari ANBK adalah ditemukannya data valid siswa berkenaan dengan tiga elemen yang diujikan tadi. Hal tersebut pada akhirnya menjadi cerminan mutu satuan pendidikan sendiri.

“Kami berupaya dengan sekuat tenaga untuk menyiapkan siswa menghadapi ANBK. Sudah dibentuk persiapan bimbingan belajar untuk peserta ANBK yang dipimpin oleh guru-guru kompeten di bidangnya. Ada enam guru,” ungkap Firman.

Menuju pelaksanaan ANBK, ada satu proses lagi yang mesti dilalui, yaitu gladiresik yang akan diselenggakarakan pada 6-9 September 2021. Kemudian sembari menunggu waktu pelaksanaan, siswa-siswa terpilih akan dibimbing oleh guru-guru yang sesuai dengan bidangnya.

Adapun pelaksanaan ANBK berbeda di setiap jenjangnya. Untuk SD/MI akan dilaksanakan pada pekan kedua November 2021, untuk SMP/MTs pada pekan pertama September 2021, dan untuk SMA/MA pada pekan keempat September 2021 (27 s.d. 30). []


Form Komentar

Maksimal panjang teks 140 karakter, Silahkan komentar dengan bijak!
gambar


0 Komentar

user image
Tidak ada Komentar