MANU PUTRA BUNTET PESANTREN

Komplek Buntet Pesantren Desa Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45181
P: - (0231) 636597 E: manuputra_buntet@yahoo.co.id

DIBARENGI DENGAN PERSIAPAN MATANG, ANBK DI MANU PUTRA BUNTET PESANTREN BERJALAN LANCAR

Diposting : Ahmad Subhan Ainurrofiq, S.Pd.   Tanggal : 28 September 2021 14:16:11   Dibaca : 281 Kali


BUNTET PESANTREN – Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat ANBK, resmi digelar sejak 20 September 2021 lalu. Satuan pendidikan dari mulai tingkat SD hingga SMA fokus menggelar kegiatan pengganti ujian nasional tersebut.

ANBK di MANU Putra Buntet Pesantren sendiri dijadwalkan pada Senin dan Selasa, 27-28 September 2021, bertepatan dengan penyelenggaran di sebagian satuan pendidikan tingkat SMA/MA dan sederajat di beberapa daerah lain.

Dengan total 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan, pelaksanaan ANBK dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 7.30-10.00 WIB, sedangkan sesi kedua dimulai pukul 10.30-13.00 WIB.

Dalam rangka menghadapi ANBK ini, MANU Putra sudah menyiapkan berbagai hal mulai dari sarana ujian hingga kesiapan siswa.

Tim penyelenggara ANBK MANU Putra telah mengatur ruang laboratorium komputer untuk digunakan oleh para peserta. Demi kelancaran ANBK, diketahui kecepatan jaringan internet di ruangan laboratorium tersebut telah di-upgrade dengan kecepatan 50mbps.

Kemudian sarana lain seperti webcam (kamera digital untuk dihubungkan ke komputer atau laptop) juga disediakan untuk menunjang kelangsungan ANBK sebagaimana disyaratkan oleh pemerintah pusat.

Selain itu, para peserta juga dibekali dengan persiapan khusus yang didampingi oleh guru-guru kompeten di bidangnya. Pembekalan tersebut dilakukan setiap hari di sekolah, kecuali di hari libur.

ANBK mengujikan tiga topik tiap harinya. Pada hari pertama terdiri dari latihan soal (10 menit), literasi membaca (90 menit), dan survei karakter (30 menit). Sementara hari kedua terdiri dari latihan soal (10 menit), literasi numerasi (90 menit), dan survei lingkungan belajar (30 menit).

Saat ditanya tentang bagaimana ANBK ini berlangsung, Mukhammad Nasif menjawab ANBK berjalan dengan lancar walaupun ada sedikit kendala di permulaan.

“Alhamdulillah lancar seperti rencana. Hanya saja ada sesuatu yang tidak terduga terjadi, yaitu sempat mati listrik di hari pertama,” kata guru yang ahli dalam hal pemrograman tersebut.

Nasif menambahkan bahwa komputer dan perangkat lain yang berada di ruangan laboratorium sedang dalam kualitas baik. Bahkan beberapa memang baru diadakan khusus untuk pelaksanaan ANBK, katanya.

Sebagai informasi, pelaksanaan ANBK berbeda di setiap satuan pendidikan. Berikut rinciannya:

  1. SMA/MAK/Paket C, dan sederajat: Senin-Kamis tanggal 20-23 September 2021.
  2. SMA/MA, dan sederajat: Senin-Kamis tanggal 27-30 September 2021.
  3. SMP/MTs/Paket B, dan sederajat: Senin-Kamis tanggal 4-7 Oktober 2021.
  4. SD/MI/Paket A, dan sederajat Gelombang 1: Senin-Kamis tanggal 8-11 November 2021.
  5. SD/MI/Paket A, dan sederajat Gelombang 2: Senin-Kamis tanggal 15-18 November 2021.

Tidak seperti UN, ANBK bukan ditujukan untuk siswa tingkat akhir, melainkan untuk siswa kelas 5, 8, dan 11. Itupun tidak untuk semua siswa.

Peserta ANBK dipilih langsung oleh pemerintah pusat dengan sistem acak. Mereka yang terpilih adalah sampel dari setiap satuan pendidikan.

Selain perbedaan itu, ANBK juga tidak bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa secara individu selayaknya UN. ANBK bertujuan untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan, serta kualitas belajar mengajar di satuan-satuan pendidikan. []


Form Komentar

Maksimal panjang teks 140 karakter, Silahkan komentar dengan bijak!
gambar


0 Komentar

user image
Tidak ada Komentar