MANU PUTRA BUNTET PESANTREN

Komplek Buntet Pesantren Desa Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45181
P: - (0231) 636597 E: manuputra_buntet@yahoo.co.id

PUH DILAKUKAN SECARA LURING, MANU PUTRA INGIN BANGKITKAN KEMBALI SEMANGAT BELAJAR SISWA

Diposting : Ahmad Subhan Ainurrofiq, S.Pd.   Tanggal : 10 Oktober 2021 13:28:28   Dibaca : 197 Kali


BUNTET PESANTREN - Kegiatan belajar mengajar di MANU Putra Buntet Pesantren sudah separuh jalan untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021-2022 ini. Evaluasi pembelajaran pun diselenggarakan, dengan tajuk Pekan Ulangan Harian atau disingkat PUH.

Ada perubahan yang signifikan mengenai teknis PUH kali ini, yakni mulai menerapkan sistem luring atau tatap muka. Seperti diketahui, selama hampir dua tahun ke belakang, PUH diadakan secara daring tanpa ada kegiatan di sekolah.

Euforia aktivitas siswa di sekolah mulai terasa kembali dengan adanya PUH ini. Siswa berduyun-duyun datang ke sekolah dengan memakai seragam rapi lengkap dengan sepatu sebagai alas kaki. Suatu hal yang sudah lama sekali tidak terlihat dari anak-anak sekolah, khususnya di MANU Putra.

Melihat hal tersebut, Muhammad Hamdi berharap pelaksanaan PUH secara luring ini mampu membangkitkan kembali optimisme dan semangat belajar siswa serta mampu mendekatkan mereka dengan lingkungan madrasahnya.

“Dengan dia (siswa) pakai seragam, apalagi masih baru, lalu pakai sepatu, itu pasti bikin dia semangat untuk datang ke sekolah. Selebihnya tugas guru untuk menstimulus semangat belajar siswa,” kata penanggung jawab PUH tersebut.

Dengan ditetapkannya PUH luring ini, tentu ada banyak hal yang perlu disiapkan, seperti menyiapkan naskah soal, ruangan, jadwal, dan lainnya. Selain itu, yang tak kalah penting adalah menyosialisasikannya pada siswa.

“Sosialisasi mengenai teknis PUH luring kepada siswa sudah dilakukan secara maksimal, baik mengabari langsung kepada siswa terkait, orang tua, saudara, maupun pengasuh pondok,” terang Hamdi.

“Itu semata-mata agar siswa tahu kalau PUH tidak lagi diadakan secara daring. Juga supaya mereka mengerti dengan teknis yang nantinya diterapkan,” imbuhnya.

PUH sendiri dimulai pada Sabtu, 9 Oktober 2021, dan dijadwalkan akan berakhir pada Kamis, 14 Oktober 2021.

Adapun pelaksanaannya dibagi menjadi tiga sesi berdasarkan kelas. Sesi pertama untuk kelas 10, dimulai dari pukul 8.00 s.d. 10.00 WIB. Sesi kedua untuk kelas 11, dimulai dari pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB. Sesi ketiga untuk kelas 12, dimulai dari pukul 12.00 s.d. 14.00 WIB.

Sebagai informasi, MANU Putra sudah melakukan pembelajaran luring/tatap muka sejak 4 September 2021 lalu. Aktivitas di sekolah berangsur normal sejak itu diberlakukan. Dengan pondasi inilah PUH ditetapkan berlangsung secara luring.


Form Komentar

Maksimal panjang teks 140 karakter, Silahkan komentar dengan bijak!
gambar


0 Komentar

user image
Tidak ada Komentar