MANU PUTRA BUNTET PESANTREN

Komplek Buntet Pesantren Desa Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45181
P: - (0231) 636597 E: manuputra_buntet@yahoo.co.id

GELAR PEMBELAJARAN TATAP MUKA, GURU DAN SISWA MANU PUTRA SAMBUT ANTUSIAS

Diposting : Ahmad Subhan Ainurrofiq, S.Pd.   Tanggal : 09 September 2021 14:29:26   Dibaca : 398 Kali


BUNTET PESANTREN - Kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai diterapkan di MANU Putra Buntet Pesantren sejak Selasa, 7 September 2021. Protokol kesehatan pun diterapkan secara ketat agar pelaksanaan ini tidak menimbulkan klaster penyebaran COVID-19.

PTM di MANU Putra dilaksanakan sesuai dengan intruksi dalam Surat Edaran dari Kementerian Agama tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada madrasah, pesantren, dan lembaga pendidikan keagamaan Islam pada masa PPKM.

PTM disambut antusias oleh warga sekolah, baik dari siswa maupun guru. Abdullah Lubbil Mashun, siswa kelas 12 Syariah 1, mengungkapkan kegembiraannya melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Saya senang sekali dengan pertemuan tatap muka ini, karena akhirnya bisa bertemu lagi dengan teman-teman yang sudah lama terpisah,” tuturnya.

Selain itu, pertemuan kembali dengan teman sekolah juga diakui Lubbil sebagai ajang menjaga tali silaturahmi yang telah lama tersendat.

“Yang paling dirindukan itu kan guyonannya. Itu yang bikin tetap akrab dan silaturahmi tetap terjaga,” sambung siswa yang menjabat sebagai Ketua IPNU Komisariat MANU Putra itu dengan wajah sumringah.

PTM tentu tidak hanya menjadi kabar gembira untuk para siswa, melainkan juga untuk para guru. Muhammad Hamdi, guru mata pelajaran Ilmu Tafsir, mengaku senang sekaligus bangga dengan pelaksanaan PTM di MANU Putra, karena melihat antusiasme siswa yang tercermin di kelas.

“Pertama tentu senang. Dan Alhamdulillah tatap muka hari pertama di kelas saya ini cukup baik, karena 50% siswa yang disyaratkan hadir semua,” tukas Wali Kelas 12 IPS 1 tersebut.

Hamdi memanfaatkan pertemuan tersebut tidak hanya untuk menyampaikan materi, tetapi juga untuk mengetahui kabar siswa secara menyeluruh. Pembelajaran daring berdampak pada sulitnya pengontrolan terhadap siswa, sehingga mengakibatkan akses untuk menjangkau siswa tersebut seringkali mengalami kendala.

Sebagai permulaan, MANU Putra membagi PTM menjadi tiga hari, yakni Selasa, Rabu, dan Kamis, 7-9 September 2021. Hari pertama diisi oleh seluruh kelas 10, hari kedua diisi oleh seluruh kelas 11, dan hari ketiga diisi oleh seluruh kelas 12.

Adapun kapasitas kelas sendiri sesuai dengan intruksi pemerintah, yakni berkapasitas 50% dari jumlah keseluruhan siswa. Karena itu, siswa per kelas dibagi menjadi dua bagian, sehingga semua siswa mendapat kesempatan yang sama untuk melakukan PTM.

Mengenai hal tersebut, Hamdi berharap pelaksanaan ini bisa menjadi awal yang baik untuk langkah-langkah pembelajaran ke depan.

“Kami berharap ini merupakan awal yang baik untuk memulai pembelajaran tatap muka, mengingat para guru dan siswa telah menjalani vaksinasi,” kata Guru yang juga menjabat sebagai Ketua Bimbingan Penyuluhan/Bimbingan Konseling MANU Putra itu.

Sebagai informasi, Pondok Buntet Pesantren telah melaksanakan vaksinasi massal pada Selasa, 7 September 2021. Itu adalah program Vaksinasi Massal Pesantren dan Rumah Ibadah yang diadakan atas sinergi Polri dan Staf Khusus Presiden RI. Peserta vaksin lebih kurang berjumlah 3.000 santri. []

Berita Terkait
Tidak Ditemukan Berita Terkait

Form Komentar

Maksimal panjang teks 140 karakter, Silahkan komentar dengan bijak!
gambar


0 Komentar

user image
Tidak ada Komentar