MANU PUTRA BUNTET PESANTREN

Komplek Buntet Pesantren Desa Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45181
P: - (0231) 636597 E: manuputra_buntet@yahoo.co.id

JADI PEMBUKA KEGIATAN SISWA, PIMPINAN KOMISARIAT IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA MANU PUTRA ADAKAN MAKESTA

Diposting : Ahmad Subhan Ainurrofiq, S.Pd.   Tanggal : 29 Agustus 2021 12:39:10   Dibaca : 223 Kali


BUNTET PESANTREN - Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PK IPNU) MANU Putra Buntet Pesantren adakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) pada 28-29 Agustus 2021. Makesta diadakan di Pondok Pesantren Asy-Syakiroh 2 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

IPNU sendiri adalah organisasi intra sekolah yang berdampingan dengan OSIS. Kehadirannya menandai kekhasan MANU Putra sebagai madrasah yang membubuhi Nahdlatul Ulama di akhir namanya.

Untuk menjadi anggota yang sah secara administrasi, Makesta adalah jenjang kaderisasi pertama yang harus diikuti. Setelah itu jenjang berikutnya adalah Lakmud, kemudian Lakut. Masing-masing jenjang memiliki porsi dan nilai yang berbeda, karena itu ketiganya turut menentukan layak tidaknya anggota menempati suatu kepengurusan di jenjang-jenjang tertentu.

Makesta yang mengusung tema “Mencetak Pelajar IPNU yang Berintegritas dan Berlandaskan Aqidah Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah” itu dibuka oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Mohamad Majdi.

Dalam sambutannya, Majdi menuturkan bahwa organisasi adalah miniatur masyarakat. Karena itu berorganisasi sama dengan menyiapkan diri untuk terjun langsung di tengah masyarakat kelak.

“Organisasi memberikan ilmu-ilmu yang sangat berharga untuk kita, terutama kaitannya dengan mengorganisir orang banyak. Maka dari itu, ilmu yang didapat dari organisasi adalah tabungan di masa mendatang ketika tiba nanti waktunya kita terjun langsung di masyarakat,” ucap Ketua PAC IPNU Astanajapura periode 2013-2016 itu.

Ada beberapa materi yang disampaikan dalam Makesta, di antaranya adalah ke-NU-an, Keaswajaan, Keorganisasian, Wawasan Kebangsaan, dan ke-IPNU-an. Tiap materi tersebut kemudian dievaluasi pada sesi tertentu untuk mengukur seberapa jauh pemahaman peserta.

Makesta yang diadakan PK IPNU MANU Putra ini dihadiri juga oleh pengurus-pengurus IPNU dari mulai Pimpinan Ranting Desa Mertapada Kulon, Pimpinan Cabang Kabupaten Cirebon, hingga Pimpinan Pusat yang diwakili oleh Direktur Lembaga Pers dan Penerbitan, M. Syakir Niamillah, yang juga merupakan alumni MANU Putra.

Kegiatan ini merupakan kegiatan luring pertama yang melibatkan siswa di luar urusan pembelaran, menyusul kelonggaran regulasi mengenai pandemi karena menurunnya angka penularan dan kematian akibat Covid-19 setelah diberlakukannya PPKM Darurat dan PPKM Level 4.

Pembina PK IPNU MANU Putra, Ahmad Zahid Noval, mengaku gembira dengan terlaksananya Makesta karena akhirnya sesama siswa dapat bertemu satu sama lain dan berinteraksi secara langsung walaupun masih dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Alhamdulillah. Mudah-mudahan Makesta menjadi pembuka untuk kegiatan-kegiatan berikutnya yang lebih baik lagi. Dengan adanya kegiatan luring seperti ini, paling tidak para siswa mendapatkan kembali kepercayaan dirinya dan semangat belajarnya di MANU Putra,” ungkap guru yang pernah menjabat sebaga Ketua PAC IPNU Astaranajapura periode 2017-2019 itu.

Setelah kegiatan ini, Noval mengharapkan IPNU kembali bangkit dan menyemarakkan kegiatan-kegiatan di MANU Putra.

“IPNU harus menunjukkan jati dirinya di MANU Putra, karena sejatinya tanggung jawab yang dipikul IPNU bukan hal sepele, apalagi keberadaannya di tengah-tengah madrasah yang berlatar belakang Nahdlatul Ulama,” imbuhnya.

Di akhir acara, peserta dibaiat oleh Pengurus PC IPNU Kabupaten Cirebon sebagai tanda telah sah menjadi anggota IPNU. []


Form Komentar

Maksimal panjang teks 140 karakter, Silahkan komentar dengan bijak!
gambar


0 Komentar

user image
Tidak ada Komentar