MANU PUTRA BUNTET PESANTREN

Komplek Buntet Pesantren Desa Mertapada Kulon Kec. Astanajapura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45181
P: - (0231) 636597 E: manuputra_buntet@yahoo.co.id

GURU MATA PELAJARAN ILMU FALAK MANU PUTRA WAKILI CIREBON DALAM BIMTEK HISAB DAN RUKYAT KEMENAG RI 2022

Diposting : Ahmad Subhan Ainurrofiq, S.Pd.   Tanggal : 21 Mei 2022 09:48:11   Dibaca : 203 Kali


Guru mata pelajaran Ilmu Falak MANU Putra Buntet Pesantren, M. Abu Dzar Al-Ghiffari menjadi salah satu perwakilan Kabupaten Cirebon dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hisab dan Rukyat yang diselenggarakan oleh Kemenag RI.

Kegiatan tersebut merupakan pelatihan untuk memperdalam pengetahuan serta kemampuan dalam hal hisab dan rukyat. Selain itu, juga sosialisasi kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan hisab arah kiblat, penghitungan waktu solat, dan penghitungan awal bulan.

Bimtek juga memberi pelatihan mengenai pembuatan aplikasi yang berbasis android dan excel untuk menunjang kepentingan-kepentingan hisab dan rukyat.

Acara berlangsung selama tiga hari, yakni Kamis-Sabtu, 19-21 Mei 2022 di Hotel Metland Kota Cirebon. Peserta yang mengikuti Bimtek Hisab dan Rukyat terdiri dari seluruh perwakilan di Indonesia. Adapun Abu Dzar sendiri hadir sebagai utusan dari Lembaga Falakiyah Buntet Pesantren.

Pria yang menekuni bidang astronomi sedari kanak-kanak itu sudah sering terlibat dalam kegiatan-kegiatan penting yang berkaitan dengan ilmu falak, seperti hisab arah kiblat di pondok-pondok pesantren, hisab waktu solat, serta rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal.

Abu Dzar juga pernah menempuh pendidikan singkat di Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najah Semarang asuhan KH. Ahmad Izzuddin, ahli falak yang diakui secara internasional. Ia kesana bersama gurunya, KH. Ahmad Manshur, pada tahun 2011 dan 2012.

Kemudian tak lama setelah itu, Abu Dzar beserta beberapa koleganya diberi mandat untuk membuat lembaga falakiyah di Buntet Pesantren, mengingat belum ada yang benar-benar menekuninya sebelum itu selain KH. Ahmad Manshur sendiri.

Hingga kini Lembaga Falakiyah tersebut masih eksis dan senantiasa membantu keperluan-keperluan yang berkenaan dengan falak untuk pondok-pondok pesantren di lingkungan Buntet Pesantren. []


Form Komentar

Maksimal panjang teks 140 karakter, Silahkan komentar dengan bijak!
gambar


0 Komentar

user image
Tidak ada Komentar